Tingkatkan Kemampuan Berbicara, MTsN 4 Karawang Rutin Gelar Muhadharah

Tingkatkan Kemampuan Berbicara, MTsN 4 Karawang Rutin Gelar Muhadharah

Kaegiatan muhadharah setiap Jumat di MTsN 4 Karawang.-dok KBE-Rizki Andika

Karawangbekasi.disway.id, Karawang - Tingkatkan kemampuan berbicara setiap siswa, MTsN 4 Karawang rutin menggelar kegiatan muhadharah setiap Jumat. Bidang Kesiswaan, Mugiyanto menerangkan kegiatan tersebut menjadi agenda rutin guna melatih kemampuan public speaking siwa, Kamis (10/11). 

 

“Salah satu bentuk program kegiatan kesiswaan adalah muhadharah (latihan berpidato). Kegiatan ini dilaksanakan rutin secara periodik setiap hari Jumat pagi. Setiap kelas bergantian untuk mengisi kegiatan,” terang Mugiyanto.

 

Mugiyanto melanjutkan, kegiatan dimulai dengan pembukaan oleh pembawa acara, biasanya oleh siswa OSIS. Kemudian dilanjutkan dengan tilawah dan sari tilawah setelahnya baru ada muhadharah atau pidato dari dua siswa. Kegiatan diakhiri dengan sambutan dari wali kelas siswa yang tampil atau guru pembina. 

 

Baca juga: Sarana Prasarana MTsN 2 Karawang Makin Berkualitas

 

“Kegiatan muhadharah baik untuk melatih dan membiasakan para siswa berbicara di depan publik. Siswa jadi belajar tentang berkomunikasi yang baik, terutama untuk porsi ceramah atau pidato. Dengan kegiatan ini, siswa jadi terampil berdakwah, serta menumbuhkan bekal sebagai calon orator atau pemimpin di masa depan,” terang Mugiyanto. 

 

Mugiyanto bercerita, MTsN4 selain rutin melakukan kegiatan muhadharah, juga selalu rutin melakukan pembelajaran BTQ atau Baca Tulis Al-quran bagi siswa kelas IX. Hal tersebut dilakukan agar para calon lulusan memiliki dasar kemampuan dan pengentahuan tentang Al-quran dengan baik. 

 

“Kami juga dari pihak sekolah memberikan banyak pendidikan tambahan selain dari kurikum di sekolah. Misalnya ikut aktif mengikuti kegiatan agenda hari nasional. Beberapa waktu lalu ada kegiatan maulid nabi, kemudian upacara sumpah pemuda, peringatan hari santri, bahkan kegiatan nonton film G30S PKI bersama-sama di sekolah,” tutup Mugiyanto

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: